buku nuryanto

Belajar yang Efektif

Wednesday 8 March 2017



Tiap orang tentunya mempunyai gaya belajar sendiri-sendiri. Kali ini saya akan membahas cara belajar yang efektif berdasarkan pengalaman saya, siapa tahu cocok buat kamu.



Belajarlah pada waktu kodisi otak masih fresh. Kondisi fresh otak biasanya adalah di pagi hari. Misalnya selepas sholat subuh, bisa disempatkan belajar untuk sekitar 30 menit.

Sebenarnya belajar tidak harus lama, namun yang terpenting adalah dilakukan secata kontinyu atau terus menerus. Karena jika belajar dalam keadaan kondisi badan terutama otak sudah capek maka hanya sedikit ilmu yang akan masuk.

Yang menjadi permasalahan adalah bagaimana jika rasa malas selalu menghantui. Semangat belajar bisa ditumbuhkan dengan "paksaan", yaitu kita bisa belajar untuk memaksa diri sendiri. Memang terdengar mudah, namun kenyataan bisa saja sulit.

Malas belajar bisa diatasi dengan cara memulai dengan kegiatan yang disukai namun sifatnya hanya sebagai stimulus. Misalnya kita hobi baca komik, jika malas untuk mulai belajar, bisa dimulai dengan membaca komik, namun cuma sebentar dengan tujuan untuk membangkitkan semangat saja. Setelah semangat mulai tumbuh, maka bukalah buku yang akan kamu pelajari.

Cara lain yaitu dengan selalu mengingat akan tujuanmu atau cita-citamu. Tanamkanlah bahwa untuk mencapai cita-citamu itu dibutuhkan perjuangan keras. Belajar itu termasuk perjuanganmu, sehingga kamu akan selalu semangat demi meraih cita-citamu itu.

Demikian sekelumit yang bisa saya bagi kali ini, semoga memberika banyak manfaat.
Share

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda:

 
Copyright © 2015 nuryanto
Distributed By My Blogger Themes | Design By Herdiansyah Hamzah