Berdasarkan Permendikbud Tahun 2016 Nomor 24
Materi pelajaran kimia yang dipelajari di SMA/MA terangkum dalam KI dan KD Kimia SMA/MA berdasarkan Permendikbud Tahun 2016 Nomor 24.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan Kelas X dirumuskan sebagai berikut
ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis
pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban
terkait penyebab
fenomena dan
kejadian, serta
menerapkan
pengetahuan
prosedural
pada bidang
kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan
minatnya untuk
memecahkan masalah
|
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1
Menjelaskan
metode ilmiah, hakikat
ilmu
Kimia, keselamatan
dan keamanan di
laboratorium, serta peran kimia dalam kehidupan
|
4.1
Menyajikan
hasil rancangan dan hasilpercobaan
ilmiah
|
3.2
Menganalisis perkembangan
model atom dari model atom Dalton,
Thomson, Rutherford, Bohr, dan
Mekanika Gelombang
|
4.2 Menjelaskan
fenomena alam atau
hasil percobaan menggunakan
model atom
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.3
Menjelaskan
konfigurasi elektron
dan pola konfigurasi
elektron terluar
untuk
setiap golongan dalam tabel
periodik
|
4.3
Menentukan
letak suatu unsur
dalam tabel
periodik
berdasarkan konfigurasi
elektron
|
3.4
Menganalisis kemiripan
sifat
unsur dalam golongan dan
keperiodikannya
|
4.4
Menyajikan
hasil analisis data-data
unsur dalam kaitannya dengan kemiripan dan
sifat
keperiodikan
unsur
|
3.5
Membandingkan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan
kovalen koordinasi,
dan ikatan logam serta kaitannya
dengan sifat zat
|
4.5
Merancang dan
melakukan
percobaan untuk menunjukkan
karakteristik
senyawa ion
atau senyawa kovalen berdasarkan
beberapa sifat fisika
|
3.6
Menerapkan
Teori Pasangan Elektron
Kulit
Valensi (VSEPR) dan
Teori Domain elektron dalam menentukan bentuk molekul
|
4.6
Membuat model
bentuk
molekul
dengan menggunakan bahan-bahan yang
ada di lingkungan
sekitar atau perangkat lunak
komputer
|
3.7 Menghubungkan interaksi
antar ion, atom dan molekul dengan sifat fisika zat
|
4.7
Menerapkan
prinsip interaksi
antar
ion, atom dan
molekul dalam
menjelaskan sifat-sifat fisik
zat di sekitarnya
|
3.8 Menganalisis sifat
larutan berdasarkan
daya hantar listriknya
|
4.8
Membedakan
daya hantar listrik berbagai larutan melalui perancangan
dan pelaksanaan
percobaan
|
3.9
Mengidentifikasi reaksi reduksi
dan oksidasi menggunakan konsep
bilangan oksidasi unsur
|
4.9
Menganalisis beberapa
reaksi berdasarkan
perubahan bilangan oksidasi yang diperoleh
dari data hasil percobaan
dan/ atau melalui percobaan
|
3.10 Menerapkan
hukum-hukum dasar
kimia, konsep
massa molekul relatif,
persamaan
kimia, konsep
mol, dan
kadar zat untuk menyelesaikan perhitungan
kimia
|
4.10 Menganalisis data hasil
percobaan
menggunakan hukum-hukum dasar
kimia kuantitatif
|
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan Kelas XI dirumuskan sebagai berikut
ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
|
3. Memahami, menerapkan, dan
menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu
pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait
penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang
kajian yang
spesifik
sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk
memecahkan masalah
|
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji
dalam ranah
konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak
secara efektif
dan kreatif, serta
mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
3.1
Menganalisis struktur dan sifat
senyawa hidrokarbon berdasarkan kekhasan
atom karbon
dan golongan senyawanya
|
4.1
Membuat model
visual berbagai
struktur molekul hidrokarbon
yang memiliki rumus molekul
yang sama
|
|
3.2
Menjelaskan
proses pembentukan
fraksi-fraksi minyak bumi, teknik
pemisahan
serta kegunaannya
|
4.2
Menyajikan
karya tentang
proses
pembentukan dan
teknik
pemisahan
fraksi-fraksi minyak bumi beserta kegunaannya
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.3 Mengidentifikasi reaksi
pembakaran hidrokarbon yang sempurna dan tidak
sempurna serta sifat zat
hasil pembakaran (CO2, CO, partikulat karbon)
|
4.3 Menyusun gagasan cara mengatasi
dampak pembakaran
senyawa karbon
terhadap lingkungan dan
kesehatan
|
3.4
Menjelaskan
konsep perubahan
entalpi reaksi
pada tekanan tetap dalam persamaan termokimia
|
4.4
Menyimpulkan
hasil analisis data
percobaan termokima pada
tekanan
tetap
|
3.5 Menjelaskan jenis entalpi
reaksi,
hukum Hess
dan konsep energi ikatan
|
4.5
Membandingkan
perubahan entalpi
beberapa reaksi berdasarkan
data hasil percobaan
|
3.6 Menjelaskan
faktor-faktor yang
memengaruhi
laju reaksi
menggunakan teori
tumbukan
|
4.6 Menyajikan hasil penelusuran
informasi cara-cara pengaturan
dan penyimpanan
bahan untuk mencegah
perubahan fisika dan kimia yang tak terkendali
|
3.7
Menentukan
orde reaksi
dan tetapan
laju
reaksi
berdasarkan
data hasil percobaan
|
4.7
Merancang, melakukan, dan
menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan
faktor-faktor yang mempengaruhi
laju reaksi
dan orde reaksi
|
3.8
Menjelaskan
reaksi
kesetimbangan
di dalam hubungan
antara pereaksi dan
hasil reaksi
|
4.8 Menyajikan
hasil pengolahan
data untuk menentukan
nilai tetapan
kesetimbangan
suatu reaksi
|
3.9
Menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi
pergeseran arah
kesetimbangan dan
penerapannya
dalam industri
|
4.9
Merancang, melakukan, dan
menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan
faktor-faktor yang mempengaruhi
pergeseran arah
kesetimbangan
|
3.10 Menjelaskan
konsep
asam dan basa serta kekuatannya dan kesetimbangan pengionannya dalam
larutan
|
4.10 Menganalisis trayek
perubahan pH beberapa indikator yang diekstrak dari
bahan alam
melalui
percobaan
|
3.11 Menganalisis kesetimbangan
ion
dalam larutan garam dan
menghubungkan pH-nya
|
4.11 Melaporkan
percobaan tentang
sifat
asam basa berbagai larutan garam
|
3.12
Menjelaskan prinsip kerja,
perhitungan pH, dan peran larutan
penyangga dalam tubuh makhluk
hidup
|
4.12 Membuat larutan penyangga
dengan pH tertentu
|
3.13
Menganalisis data hasil berbagai jenis
titrasi asam-basa
|
4.13
Menyimpulkan hasil analisis
data percobaan titrasi
asam-basa
|
3.14
Mengelompokkan
berbagai
tipe
sistem koloid, dan menjelaskan
kegunaan
koloid
dalam kehidupan berdasarkan
sifat-sifatnya
|
4.14
Membuat
makanan atau
produk lain yang berupa koloid
atau
melibatkan prinsip koloid
|
Kompetensi
Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan Kelas XII dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis
dan mengevaluasi
pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan
peradaban terkait
penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural
pada bidang
kajian yang
spesifik
sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk
memecahkan masalah
|
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret
dan ranah abstrak
terkait
dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak
secara efektif dan kreatif, dan mampu
menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1
Menganalisis fenomena sifat
koligatif
larutan
(penurunan
tekanan uap jenuh, kenaikan
titik didih, penurunan titik
beku, dan
tekanan osmosis)
|
4.1 Menyajikan
hasil penelusuran
informasi
tentang kegunaan
prinsip sifat koligatif larutan dalam
kehidupan sehari-hari
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.2 Membedakan
sifat
koligatif larutan elektrolit dan
larutan nonelektrolit
|
4.2 Menganalisis data percobaan untuk
menentukan derajat
pengionan
|
3.3 Menyetarakan persamaan
reaksi
redoks
|
4.3
Menentukan
urutan
kekuatan
pengoksidasi
atau pereduksi
berdasarkan data hasil
percobaan
|
3.4
Menganalisis proses yang terjadi dalam sel Volta dan menjelaskan
kegunaannya
|
4.4 Merancang sel
Volta dengan
mengunakan bahan di
sekitar
|
3.5
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi
terjadinya korosi
dan cara mengatasinya
|
4.5
Mengajukan gagasan
untuk mencegah dan
mengatasi terjadinya
korosi
|
3.6
Menerapkan
stoikiometri
reaksi
redoks
dan hukum
Faraday untuk menghitung
besaran-besaran yang
terkait sel elektrolisis
|
4.6
Menyajikan
rancangan prosedur
penyepuhan
benda dari logam
dengan ketebalan
lapisan dan
luas tertentu
|
3.7
Menganalisis kelimpahan,
kecenderungan sifat fisika dan
kimia,
manfaat, dan proses pembuatan unsur-unsur golongan utama (gas
mulia, halogen, alkali, dan
alkali
tanah)
|
4.7
Menyajikan
data hasil penelusuran informasi sifat dan
pembuatan unsur-unsur golongan utama
(halogen, alkali,
dan alkali
tanah)
|
3.8
Menganalisis kelimpahan,
kecenderungan sifat fisika dan
kimia,
manfaat, dan proses pembuatan unsur-unsur periode 3 dan
golongan transisi
(periode 4)
|
4.8
Menyajikan
data hasil
penelusuran
informasi sifat
dan pembuatan unsur-unsur Periode
3 dan unsur golongan transisi (periode 4)
|
3.9
Menganalisis struktur, tatanama,
sifat, sintesis, dan kegunaan
senyawa karbon
|
4.9
Menyajikan
rancangan percobaan
sintesis senyawa karbon, identifikasi gugus fungsi dan/atau
penafsiran data spektrum
inframerah (IR)
|
3.10 Menganalisis struktur, tata nama,
sifat, dan
kegunaan benzena dan
turunannya
|
4.10 Menyajikan
hasil penelusuran
informasi beberapa turunan benzena yang berbahaya dan
tidak berbahaya
|
3.11
Menganalisis
struktur, tata nama,
sifat
dan penggolongan makromolekul
|
4.11 Menganalisis hasil penelusuran informasi
mengenai pembuatan dan
dampak suatu
produk dari makromolekul
|
No comments:
Post a Comment
Komentar Anda: