buku nuryanto

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR KIMIA SMA/MA Berdasarkan Permendikbud Tahun 2016 Nomor 24

Thursday 19 April 2018

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR KIMIA SMA/MA
Berdasarkan Permendikbud Tahun 2016 Nomor 24



Materi pelajaran kimia yang dipelajari di SMA/MA terangkum dalam KI dan KD Kimia SMA/MA berdasarkan Permendikbud Tahun 2016 Nomor 24.




Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan Kelas X dirumuskan sebagai berikut ini.


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.     Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.1    Menjelaskan metode ilmiah, hakikat ilmu Kimia, keselamatan dan keamanan di laboratorium, serta peran kimia dalam kehidupan
4.1    Menyajikan hasil rancangan dan hasilpercobaan ilmiah
3.2    Menganalisis perkembangan model atom dari model atom Dalton, Thomson, Rutherford, Bohr, dan Mekanika Gelombang
4.2    Menjelaskan fenomena alam atau hasil percobaan menggunakan
model atom



KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.3    Menjelaskan konfigurasi elektron
dan pola konfigurasi elektron terluar
untuk setiap golongan dalam tabel periodik
4. Menentukan letak suatu unsur dalam tabel periodik berdasarkan konfigurasi elektron
3.4    Menganalisis kemiripan sifat unsur dalam golongan dan keperiodikannya
4.4    Menyajikan hasil analisis data-data unsur dalam kaitannya dengan kemiripan dan sifat keperiodikan unsur
3.5    Membandingkan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta kaitannya dengan sifat zat
4.5    Merancang dan melakukan percobaan untuk menunjukkan karakteristik senyawa ion atau senyawa kovalen berdasarkan beberapa sifat fisika
3.6    Menerapkan Teori Pasangan Elektron Kulit Valensi (VSEPR) dan Teori Domain elektron dalam menentukan bentuk molekul
4.6    Membuat model bentuk molekul dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di lingkungan sekitar atau perangkat lunak komputer
3.7     Menghubungkan interaksi antar ion, atom dan molekul dengan sifat fisika zat
4.7    Menerapkan prinsip interaksi antar
ion, atom dan molekul dalam menjelaskan sifat-sifat fisik zat di sekitarnya
3.8    Menganalisis sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya
4.8    Membedakan daya hantar listrik berbagai larutan melalui perancangan dan pelaksanaan percobaan
3.9    Mengidentifikasi reaksi reduksi dan oksidasi menggunakan konsep bilangan oksidasi unsur
4.9    Menganalisis beberapa reaksi berdasarkan perubahan bilangan oksidasi yang diperoleh dari data hasil percobaan dan/ atau melalui percobaan
3.10  Menerapkan hukum-hukum dasar kimia, konsep massa molekul relatif, persamaan kimia, konsep mol, dan kadar zat untuk menyelesaikan perhitungan kimia
4.10 Menganalisis data hasil percobaan menggunakan hukum-hukum dasar kimia kuantitatif




Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan Kelas XI dirumuskan sebagai berikut ini.


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.      Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.1    Menganalisis struktur dan sifat
senyawa hidrokarbon berdasarkan kekhasan atom karbon dan golongan senyawanya
4.1    Membuat model visual berbagai
struktur molekul hidrokarbon yang memiliki rumus molekul yang sama
3.2    Menjelaskan proses pembentukan
fraksi-fraksi minyak bumi, teknik pemisahan serta kegunaannya
4.2    Menyajikan karya tentang proses
pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi beserta kegunaannya




KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.3    Mengidentifikasi reaksi pembakaran hidrokarbon yang sempurna dan tidak
sempurna serta sifat zat hasil pembakaran (CO2, CO, partikulat karbon)
4.3    Menyusun gagasan cara mengatasi dampak pembakaran
senyawa karbon terhadap lingkungan dan kesehatan
3.4    Menjelaskan konsep perubahan
entalpi reaksi pada tekanan tetap dalam persamaan termokimia
4.4    Menyimpulkan hasil analisis data
percobaan termokima pada tekanan tetap
3.5    Menjelaskan jenis entalpi reaksi, hukum Hess dan konsep energi ikatan
4.5    Membandingkaperubahan entalpbeberapa reaksi berdasarkan data hasil percobaan
3.6    Menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi
menggunakan teori tumbukan
4.6    Menyajikan hasil penelusuran informasi cara-cara pengaturan
dan penyimpanan bahan untuk mencegah perubahan fisika dan kimia yang tak terkendali
3.7     Menentukan orde reaksi dan tetapan
laju reaksi berdasarkan data hasil percobaan
4.7    Merancang, melakukan, dan
menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dan orde reaksi
3.8     Menjelaskan reaksi kesetimbangan
di dalam hubungan antara pereaksi dan hasil reaksi
4.8    Menyajikan hasil pengolahan data untuk menentukan nilai tetapan
kesetimbangan suatu reaksi
3.9    Menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan dan penerapannya dalam industri
4.9    Merancang, melakukan, dan
menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan
3.10  Menjelaskan konsep asam dan basa serta kekuatannya dan kesetimbangan pengionannya dalam larutan
4.10  Menganalisis trayek perubahan pH beberapa indikator yang diekstrak dari bahan alam melalui percobaan
3.11  Menganalisis kesetimbangan ion dalam larutan garam dan menghubungkan pH-nya
4.11 Melaporkan percobaan tentang sifat asam basa berbagai larutan garam
3.12  Menjelaskan prinsip kerja, perhitungan pH, dan peran larutan
penyangga dalam tubuh makhluk hidup
4.12  Membuat larutan penyangga
dengan pH tertentu
3.13  Menganalisis data hasil berbagai jenis titrasi asam-basa
4.13  Menyimpulkan hasil analisis data percobaan titrasi asam-basa
3.14  Mengelompokkan berbagai tipe sistem koloid, dan menjelaskan kegunaan
koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
4.14  Membuat makanan atau produk lain yang berupa koloid atau
melibatkan prinsip koloid



 Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan Kelas XII dirumuskan sebagai berikut ini.


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.1    Menganalisis fenomena sifat koligatif larutan (penurunan tekanan uap jenuh, kenaikan titik didih, penurunan titik beku, dan tekanan osmosis)
4.1  Menyajikan hasil penelusuran
informasi tentang kegunaan prinsip sifat koligatif larutan dalam kehidupan sehari-hari




KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.2    Membedakan sifat koligatif larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit
4.2    Menganalisis data percobaan untuk menentukan derajat pengionan
3.3    Menyetarakan persamaan reaksi redoks
4.3    Menentukan urutan kekuatan pengoksidasi atau pereduksi berdasarkan data hasil percobaan
3.4    Menganalisis proses yang terjadi dalam sel Volta dan menjelaskan kegunaannya
4.4    Merancang sel Volta dengan mengunakan bahan di sekitar
3.5    Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi dan cara mengatasinya
4.5    Mengajukan gagasan untuk mencegah dan mengatasi terjadinya korosi
3.6    Menerapkan stoikiometri reaksi redoks dan hukum Faraday untuk menghitung besaran-besaran yang terkait sel elektrolisis
4.6    Menyajikan rancangan prosedur penyepuhan benda dari logam dengan ketebalan lapisan dan luas tertentu
3.7    Menganalisis kelimpahan, kecenderungan sifat fisika dan kimia, manfaat, dan proses pembuatan unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali, dan alkali tanah)
4.7    Menyajikan data hasil penelusuran informasi sifat dan pembuatan unsur-unsur golongan utama (halogen, alkali, dan alkali tanah)
3.8    Menganalisis kelimpahan, kecenderungan sifat fisika dan kimia, manfaat, dan proses pembuatan unsur-unsur periode 3 dan golongan transisi (periode 4)
4.8    Menyajikan data hasil penelusuran informasi sifat dan pembuatan unsur-unsur Periode 3 dan unsur golongan transisi (periode 4)
3.9    Menganalisis struktur, tatanama, sifat, sintesis, dan kegunaan senyawa karbon
4.9    Menyajikan rancangan percobaan sintesis senyawa karbon, identifikasi gugus fungsi dan/atau penafsiran data spektrum inframerah (IR)
3.10  Menganalisis struktur, tata nama, sifat, dan kegunaan benzena dan turunannya
4.10  Menyajikan hasil penelusuran informasi beberapa turunan benzena yang berbahaya dan tidak berbahaya
3.11  Menganalisis struktur, tata nama, sifat dan penggolongan makromolekul
4.11  Menganalisis hasil penelusuran informasi mengenai pembuatan dan dampak suatu produk dari makromolekul














Share

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda:

 
Copyright © 2015 nuryanto
Distributed By My Blogger Themes | Design By Herdiansyah Hamzah